Energi Panas Bumi

Sejak pertama kali digunakan di Italia pada tahun 1904, panas bumi telah menjadi sumber energi yang konsisten digunakan dan terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Menurut International Renewable Energy Agency (IRENA), energi panas bumi telah tumbuh dengan baik dari sekitar 10GW di seluruh dunia pada 2010 menjadi 13,3GW pada 2018.

Jadi apa itu energi panas bumi, dari mana asal energi panas bumi?

Asal Energi Geothermal

Energi geothermal adalah panas yang berasal dari bawah permukaan bumi. Itu terkandung dalam batuan dan cairan di bawah kerak bumi dan dapat ditemukan hingga ke batuan cair panas bumi, magma.

Untuk menghasilkan tenaga dari energi panas bumi, sumur digali sejauh 2,5 km ke dalam reservoir bawah tanah untuk mengakses uap dan air panas di sana, yang kemudian dapat digunakan untuk menggerakkan turbin yang terhubung ke generator listrik. Ada tiga jenis pembangkit listrik tenaga panas bumi ; uap kering, flash dan biner.

Uap kering adalah bentuk tertua dari teknologi panas bumi dan mengeluarkan uap dari tanah dan menggunakannya untuk menggerakkan turbin secara langsung. Flash plant menggunakan air panas bertekanan tinggi menjadi air dingin bertekanan rendah sementara plant biner melewatkan air panas melalui cairan sekunder dengan titik didih lebih rendah, yang berubah menjadi uap untuk menggerakkan turbin.

Keuntungan Panas Bumi Geothermal di Bidang Industri

British Geological Survey menggambarkan energi panas bumi sebagai “bentuk energi bebas karbon, terbarukan, berkelanjutan yang menyediakan pasokan panas terus menerus dan tidak terputus yang dapat digunakan untuk menghangatkan rumah dan gedung perkantoran dan untuk menghasilkan listrik.”

Maka dari itu, banyak ilmuwan yang menyarankan berbagai industri untuk menggunakan panas bumi geothermal. Lalu, apa saja keuntungan panas bumi di bidang industri?

Ramah Lingkungan

Energi panas bumi dikenal lebih ramah lingkungan dibandingkan sumber bahan bakar konvensional seperti batu bara dan bahan bakar fosil lainnya. Selain itu, jejak karbon pembangkit listrik tenaga panas bumi rendah. Meskipun ada beberapa polusi yang terkait dengan energi panas bumi, ini relatif minimal jika dibandingkan dengan bahan bakar fosil .

Renewable

Energi panas bumi merupakan sumber energi yang dapat terbarukan dan akan bertahan hingga Bumi dihancurkan oleh matahari dalam waktu sekitar 5 miliar tahun. Waduk panas di dalam bumi diisi ulang secara alami, menjadikannya terbarukan dan berkelanjutan.

Memiliki Potensi Besar

Konsumsi energi di seluruh dunia saat ini sekitar 15 terawatt, yang jauh dari total energi potensial yang tersedia dari sumber panas bumi. Meskipun saat ini kami tidak dapat menggunakan sebagian besar waduk, ada harapan bahwa jumlah sumber daya panas bumi yang dapat dieksploitasi akan meningkat dengan penelitian dan pengembangan yang sedang berlangsung di industri ini. Saat ini diperkirakan pembangkit listrik tenaga panas bumi dapat menyediakan daya antara 0,0035 dan 2 terawatt.

Stabil

Panas bumi menyediakan sumber energi yang andal dibandingkan dengan sumber daya terbarukan lainnya seperti angin dan tenaga surya. Ini karena sumber daya selalu tersedia untuk dimanfaatkan, tidak seperti energi angin atau matahari.

Pemanasan dan Pendinginan

Penggunaan panas bumi yang efektif untuk pembangkit listrik membutuhkan suhu air lebih dari 150 ° C untuk menggerakkan turbin. Sebagai alternatif, perbedaan suhu antara permukaan dan sumber tanah dapat digunakan. Karena tanah lebih tahan terhadap perubahan panas musiman daripada udara, tanah dapat bertindak sebagai penyerap / sumber panas dengan pompa panas bumi hanya dua meter di bawah permukaan.

Andal

Energi yang dihasilkan dari sumber daya ini mudah dihitung karena tidak berfluktuasi dengan cara yang sama seperti sumber energi lain, seperti matahari dan angin. Artinya kita dapat memprediksi keluaran daya dari pembangkit panas bumi dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Evolusi yang Cepat

Ada banyak eksplorasi ke dalam energi panas bumi saat ini, yang berarti bahwa teknologi baru sedang diciptakan untuk meningkatkan proses energi. Ada semakin banyak proyek untuk meningkatkan dan menumbuhkan bidang industri ini. Dengan evolusi yang cepat ini, banyak kekurangan energi panas bumi saat ini akan diatasi.

Begitulah sederet mengenai penerapan panas bumi geothermal di bidang industri. Apakah Anda setuju untuk menerapkan panas bumi geothermal di Indonesia di masa depan? Baca juga informasi terkait Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Di Indonesia