Star Energy Geothermal Luncurkan Woman’s Leadership Program

Star Energy Geothermal bekerjasama dengan universitas Ivy League asal Amerika Serikat, Cornell University meluncurkan Woman’s Leadership Program pada Jumat (22/10). Program yang berlangsung selama lima bulan ini bertujuan untuk membantu dan menguatkan karir pekerja profesional dan pemimpin wanita di Star Energy dengan memberikan pelatihan strategi dan tehnik yang diperlukan untuk para pekerja wanita menuju jenjang kepemimpinan yang lebih tinggi di perusahaan.

Group CEO Hendra Soetjipto Tan ketika membuka program ini menjelaskan tiga alasan program dilaksanakan di Star Energy Geothermal. “Pertama, untuk mencetak lebih banyak pemimpin. Kita bekerja di sektor geothermal, dimana kita melihat laki-laki lebih banyak dari perempuan. Kedua, untuk mendorong kemampuan kepemimpinan untuk seluruh wanita di organisasi kita. Ketiga yang juga merupakan pesan utama adalah agar semua laki-laki di organisasi ini tidak lagi bersantai-santai. Akan ada persaingan dari para wanita. Saya harap para pria sudah siap dengan tantangan ini,” tegasnya.

Profesor Chris Marquis dari Universitas Cornell menyambut baik sambutan Bapak Hendra. “Sungguh luar biasa mendengar komentar CEO yang menginginkan wanita naik jabatan.” “Banyak perusahaan yang saya ajak diskusi mengatakan dengan lebih banyak wanita di jajaran kepemimpinan senior membuat perusahaan lebih kohesif dan pengelolaannya lebih baik,” tambah dia. Profesor Deborah Streeter dari Universitas Cornell menjelaskan, melalui program ini para peserta bisa berinteraksi dan berdiskusi dengan perempuan dari seluruh dunia dari berbagai industri. “Selain itu, melalui aktifitas dan proyek-proyek, para peserta akan bisa mengadaptasi konsep, menyesuaikan dengan kebutuhan kerja mereka,” jelasnya.

Program pendidikan ini dilakukan secara virtual oleh Universitas Cornell, bekerjasama dengan Genashtim Innovative Learning. Program direncanakan akan terbagi dua kelompok, dimana pendidikan untuk kelompok 1 dimulai dari 27 Oktober dan diperkirakan berlangsung selama tiga hingga lima bulan. Setelah menyelesaikan program para peserta akan mendapatkan sertifikat Women and Leadership program dari Universitas Cornell. Fabiolla Marella Pardede, salah satu peserta program yang dalam keseharian menduduki posisi reservoir engineer sangat gembira dengan kesempatan yang diberikan Star Energy. “Saya melihat ada banyak kesempatan bagi perempuan untuk bergabung di level pekerjaan seperti yang dilakukan Bu Merly saat ini,” ujarnya. “Saya merasa saya di tempat yang tepat!” tambah dia dengan penuh antusias.