Star Energy Meraih Dua Penghargaan Gold dan One Green PROPER Awards

Star Energy Geothermal Salak, Ltd dan Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Limited berhasil kembali menyabet penghargaan tertinggi dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER), yakni PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Selain itu, Star Energy Geothermal Darajat II, Limited juga mendapat penghargaan PROPER Hijau dari KLHK.

Wakil Presiden Ma’aruf Amin, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyerahkan penghargaan tersebut di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (8/1). Penilaian dilakukan pada periode 2018-2019 berdasarkan kriteria kinerja sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, efisiensi air, penurunan beban air limbah, pengurangan emisi, perlindungan keanekaragaman hayati, 3R limbah B3 dan limbah padat non-B3, serta mengurangi kesenjangan ekonomi dengan menerapkan program pemberdayaan masyarakat.

Group Chief Executive Officer Hendra Soetjipto Tan menerima penghargaan mewakili Star Energy Geothermal Salak (SEGS), Deputy Power Plant Operations Officer Suharsono Darmono mewakili Star Energy Geothermal Wayang Windu, dan Head of Darajat Power Plant Operation Fadruzil mewakili Star Energy Geothermal Darajat.

Dalam sambutannya, Wapres Ma’ruf meminta perusahaan-perusahaan yang menerima PROPER Emas untuk mempertahankan kinerja mereka. “Ketaatan ini mesti dijaga, karena bila ketidaktaatan terjadi dalam bentuk pencemaran dan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh operasi industri yang tidak ramah lingkungan, maka pada hakekatnya sama dengan merampas atau mengambil hak orang lain dan mengabaikan hak orang lain,” jelas Wapres.

Hendra Soetjipto Tan selaku Group CEO Star Energy Geothermal menekankan bahwa pencapaian ini membuktikan Star Energy Geothermal mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) sesuai amanah Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. “Keberhasilan meraih Penghargaan PROPER Peringkat Emas dan Hijau bagi ketiga entitas Star Energy Geothermal membuktikan konsistensi dalam hal keunggulan lingkungan dalam proses produksi dan jasa serta melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.”

Penilaian PROPER periode 2018-2019 dilakukan terhadap 2.045 perusahaan, dimana ada 26 perusahaan yang meraih PROPER Emas, 174 perusahaan meraih PROPER Hijau, 1.507 perusahaan mendapat PROPER Biru, 303 Perusahaan mendapat peringkat Merah, serta dua perusahaan mendapat peringkat Hitam.